Friday 14 June 2013

Cara Masuk Safe Mode Windows 8

Sesuai judul, saya akan memberikan panduan bagaimana cara booting PC Windows 8 ke dalam Safe Mode.

Ada 2 pilihan untuk mendapatkan Safe Mode di Windows 8. Pilihan pertama kita akan mempunyai PC yang bisa boot normal, sehingga lebih mudah untuk masuk ke Safe Mode, atau Anda akan memiliki PC yang gagal reboot dalam mode normal, di mana Anda harus bergantung pada Recovery Console Windows 8 untuk mendapatkan mode yg kita inginkan.

Booting Ke Safe Mode Ketika Windows Berjalan Normal

Pada kasus ini, yang perlu kita lakukan adalah membuat beberapa perubahan melalui MSConfig utility, dan saat booting PC akan menyala dan berjalan pada Safe Mode.

Step 1: Tekan Win+R untuk menjalankan Run dialog. Ketik “msconfig” (tanpa tanda kutip) dan jalankan utility.

PAINT

Step 2: Di tab Boot, centang Safe boot, diikuti dengan menulis Safe Mode yang akan kita tuju. Tekan Apply

Hanya itu – saat reboot, PC akan hidup di Safe Mode.

Yang tidak disebutkan pada point ini, pada kenyataannya dengan setting ini, sistem akan SELALU booting dalam Safe Mode. Jika ingin kembali beroperasi normal. Jalankan msconfig kembali dan uncheck pada pilihan Safe boot. Lengkapi proses dan restart PC dan kita akan kembali ke lingkup Windows 8 yang normal.

Booting Windows 8 Ke Safe Mode ketika PC Tidak/Belum Berjalan.

Inilah yang sedikit membutuhkan trik. Karena akan mengalami trial and error (dan pastinya butuh kesabaran) untuk menjalankan ‘recovery mode’ Windows recovery mode ‘Windows 8 saat baru dihidupkan. Yang Perlu dilakukan, melewati splash screen BIOS, tahan tombol Shift dan berulang kali tekan tombol F8 . Lakukan sampai kita dapatkan recovery mode, tetapi mungkin akan membutuhkan beberapa kali percobaan sebelum mencapainya.

ENTERBLOG

Saat Recovery screen muncul, click pada tombol pilihan advanced repair. Pada layar selanjutnya, tekan tombol Troubleshoot.

Pada menu troubleshoot, klik option Advanced, dimana terletak Windows Startup Settings.

SCS

Layar selanjutnya akan menanyakan untuk merestart PC, setelahnya akan terlihat layar Advanced Boot Option yang familiar – sama seperti di Windows XP dan kita bisa memilih Safe Mode disini.

Tapi selamat mencoba dan semoga beruntung...

 

No comments:

Post a Comment