Friday 16 January 2015

FOXPRO :: Cara Membuat Aplikasi TaskManager di foxpro


Di trik kali ini kita akan coba membuat sebuah aplikasi yang cara kerjanya seperti aplikasi "TaskManager". Aplikasi "TaskManager" seperti yang teman - teman sudah banyak tau adalah aplikasi yang pada dasarnya digunakan untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di windows dan selanjutnya bila terjadi error di salah satu aplikasi kita bisa mencari nama aplikasi tersebut kemudian mematikannya. Sebenarnya Windows sendiri mempunyai modul yang berupa aplikasi kecil yang bernama tasklist dan taskkill yang keduanya perjalan dalam modus command atau tanpa GUI. Tasklist ini dapat digunakan untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan dan Taskkill digunakan untuk mematikan aplikasi. 

Dengan memandaatkan kedua modul kecil tersebut disini kita akan coba untuk membuat sebuah aplikasi yang cara kerjanya mirip TaskManager, yaitu menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan dan bila ingin mematikan salah satu aplikasi, kita tinggal pilih aplikasi di list dan mematikannya. Meskipun aplikasi ini masih jauh kalau dibandingkan dengan TaskManager bawaan windows tetapi setidaknya teman - teman semua, bisa mempunyai gambaran bila ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat mematikan aplikasi yang lain. Ingat dulu saat lagi ngetrendnya virus lokal..mereka sering menggunakan cara seperti ini untuk melindungi dirinya sendiri, misalnya dengan mematikan secara otomatis aplikasi "taskmanager", "regedit" dan lain - lain. Mungkin saja mereka melakukan atau menggunakan cara atau source code yang lain untuk mematikan aplikasi tertentu, tetapi bila ingin menggunakan cara termudah khususnya untuk Visual Foxpro dari segi programmiing mungkin inilah caranya. Dua source code dasar yang digunakan di contoh aplikasi Taskmanager sederhana ini adalah :

! tasklist >> tmp.txt

! taskkill /f /im notepad.exe
Source code pada baris pertama diatas digunakan untuk menampilkan list aplikasi yang sedang berjalan dan kemudian menampungnya di file tmp.txt, sedangkan source code pada baris kedua digunakan untuk mematikan sebuah aplikasi dan pada contoh tersebut yang akan dimatikan adalah aplikasi notepad.exe. Selanjutnya dengan dua source code dasar tersebut dengan melakukan sedikit modifikasi, penyesuaian dan tambahan sedikit logika maka bisa dibuat aplikasi seperti di bawah ini 
Daftar aplikasi yang sedang berjalan pada contoh project ini belum secara otomatis terupdate, jadi teman - teman harus menekan tombol "Refresh List Program Aktif" untuk melakukan update daftar aplikasi yang sedang berjalan. Terus bila ingin membuatnya otomatis gimana???...mungkin tergantung kreatifitas teman - teman...:D, Bila ingin mengutak - atik project sederhananya bisa ambil di link di bawah ini :



sumber : http://www.foxpromania.com/2011/03/membuat-aplikasi-taskmanager-sederhana.html

No comments:

Post a Comment