Wednesday 7 October 2015

CRYSTRAL REPORT :: Cara mengkoneksikan crystal report versi 8.5 dengan mysql


Kali ini saya akan membahas bagaimana menghubungkan mysql dengan crystal report versi 8.5. Bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

- Crystal report versi 8.5   ==>> DOWNLOAD
- mysql connector             ==>> DOWNLOAD
- xampp sebagai server     ==>> DOWNLOAD

Pertama-tama, saya menganggap anda sudah menginstal bahan-bahan diatas, dan sudah memiliki database msyql. Saya akan memberikan tampilan utama pada crystall report yang sudah anda install di komputer. Tampilan awalnya adalah sebagai berikut :


Pada gambar terdapat 2 dialog yaitu :


  1. Using report expert -> dimana fungsinya adalah membuat report dengan menggunakan template-template yang sudah ada.
  2. As a blank report -> ya, sesuai judulnya membuat report dengan tampilan awal (blank).
Disini, karena saya anggap tiap-tiap orang memiliki desain reportnya masing-masing, maka mari kita gunakan "As a blank report".

Maka akan muncul jendela pilihan data explorer, dimana kita diharuskan untuk mengimport database yang kita buat. Karena saya menggunakan database MySQL, maka pilihlah ODBC untuk membuka koneksi.


Setelah anda membuka ODBC,klik new data source, kemudian tekan tombol add. Dan anda pilih User Data Source (Applies to this machine only).


Kemudian pilih konektor/driver yang ingin dijadikan data source :



Setelah selesai klik tombol finish.





Selanjutnya anda isi nama data source, sedangkan tcp/ip anda ketikkan localhost saja, dan terakhir pilih database yang sudah anda buat.


Klik test untuk menguji koneksi pada database. Jika berhasil, maka anda menghubungkan crystal report dengan mysql.  Sekian tutorial yang saya berikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment