Thursday 15 October 2015

WEB :: Bagaimana Cara Kerja Website Secara Dasar


Bagaimana cara kerja website? Cara kerja website pada dasarnya yaitu input, proses dan output. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website adalah komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya. Sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Semua website pasti mempunyai domain dan web serrver. Domain bisa kita analogikan sebagai alamat rumah, sedangkan web server sebagai rumah untuk menyimpan berbagai perabotan rumah tangga.

Bagaimana cara website bekerja?

  1. Pertama, misal Anda ingin mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.
  2. Tentunya Anda terlebih dahulu akan menjalankan aplikasi web browser baik itu Internet Explorer, Mozilla, Chrome, Opera, dan lain sebagainya yang telah terkoneksi internet.
  3. Anda lalu mengetikan URL (Uniform Resource Locator) atau domain di web browser, misal www.google.com atau google.com. 
  4. Nah pada saat itu domain yang Anda ketikkan tersebut perlu diterjemahkan menjadi alamat IP karena komputer Anda sebenarnya hanya bisa mengakses alamat IP (Internet Protocol). Tugas penerjemahan ini dilakukan olehDomain Name System (DNS), karena itu komputer Anda akan meminta bantuan DNS server yang terdaftar untuk menerjemahkan nama domain tersebut. DNS server menemukan alamat google.com dan memberikan alamat IP-nya kepada browser Anda. Browser Anda segera menuju server dengan alamat IP yang didapatkan dari DNS server dan meminta halaman yang tersedia didalam web server tersebut.
  5. Setelah web server menerima permintaan (request), web server lalu akan memprosesnya (process) dan memberikan hasil data (output). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi gambar cara kerja website di bawah ini.
Subdomain beda hosting

No comments:

Post a Comment