Monday 5 October 2015

MAPINFO :: Tutorial Cara Membuat Layout Peta Di Mapinfo


1. Persiapan
Langkah pertama yang pada umumnya dilakukan didalam membuat sebuah layout adalah melakukan beberapa persiapan sebagai berikut :


  • Masukkan semua layer yang diperlukan kedalam sebuah map window
  • Lakukan setting simbil, warna, style, label, dan properties lainnya (dengan menggunakan kotak dialog "Layer Control" ) untuk setiap objek atau unsur peta yang terdapat pada layer-layer yang telah disiapkan.
  • Aturlah bentuk, ukuran dan skala tampilan layer-layer berikut map window nya. sesuaikan bentuk map window nya dengan ukuran kertas dan orientasinya (landscape atau potrite).

2. Membuat Layout Window

Klik menu Window -> New Layout untuk membuat layout baru
Kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini :

Gambar 15.6. Kotak dialog membuat layout baru.













Pilih data atau window yang akan dipakai pada window layout. One Frame for Window berarti kita dapat menentukan window yang akan digunakan pada window layout. Bila window peta telah dilakukan pemetaan tematik dan window legenda sudah aktif, maka bila kita menggunakan window peta tersebut dalam window layout, secara automatis window legenda juga disertakan karena antara window peta dan window legenda telah menjadi satu kesatuan. Pilihan Frame for All Currently Open Windows berarti semua window yang aktif akan disertakan dalam window layout yang baru dibuat. Sedangkan No Frames menunjukkan tidak ada satu window atau frame yang disertakan dalam pembuatan window layout.

Untuk latihan ini kita gunakan pilihan pertama. Kita hanya menyertakan window peta dan legenda. Klik OK, tampilan peta pada window layout adalah sebagai berikut :

Gambar 15.7. Tampilan layout saat pertama kali dibuat.























Anda dapat menggunakan menu Layout - Options untuk mengatur beberapa pilihan 

No comments:

Post a Comment