Monday 19 October 2015

INFO :: Mengoperasikan Gadget (hanya) Dengan Pikiran? Bisa


Google Glass yang dihubungkan dengan Neurosky MindWave Mobile (foto: dok. ThisPlace)
Google Glass yang dihubungkan dengan Neurosky MindWave Mobile (foto: dok. ThisPlace)
Jakarta, PCplus – Mengoperasikan gadget lazimnya menggunakan sentuhan jari atau perintah suara. Tapi ada yang menarik ketika tangan dan suara tak lagi diperlukan dalam aktifitas bergadget. Cukup menggunakan kekuatan pikiran, misalnya untuk mengambil foto dan membaginya ke jejaring sosial.
Adalah tim kreatif bernama ThisPlace yang berbasis di London yang pertama kali memunculkan proyek nyeleneh ini. Caranya adalah dengan menggabungkan antara perangkat Google Glass dan sebuah sensor otak bernama Neurosky MindWwave Mobile sebagai pengendalinya. Hasilnya, Google Glass yang mestinya dioperasikan dengan disentuh bisa digantikan dengan hanya memusatkan pikiran.
Dalam situs resminya This Place mengungkap bagaimana inovasinya ini bekerja. Pertama, Google Glass dihubungkan dengan Neurosky MindWave Mobile melalui koneksi nirkabel. Nah, Neurosky akan membaca gelombang otak dengan mengukur aktifitas Electroencephalogram atau EEG. Seluruh aktifitas yang ditangkap ini kemudian diterjemahkan oleh aplikasi MindRDR yang dikembangkan ThisPlace ke Google Glass.
Neurosky MindWave Mobile (kiri) dan Google Glass (kanan) (Foto: dok. ThisPlace)
Neurosky MindWave Mobile (kiri) dan Google Glass (kanan) (Foto: dok. ThisPlace)
Menurut CEO ThisPlace, Dusan Hamlin, pengguna hanya perlu fokus kepada hal yang ingin dilakukannya, seperti saat akan mengambil gambar dan membaginya ke jejaring sosial. Makin tinggi fokus dari pikiran, makin akurat perintah yang diterima oleh perangkat ini.
Satu-satunya tantangan implementasi masif dari keduanya adalah harga. Sebagai informasi, perangkat Neurosky MindWave Mobile saat ini dijual seharga 71 poundsterling atau sekitar 1,4 juta rupiah. Sementara harga Google Glass dipatok antara 15 hingga 20 juta rupiah.

No comments:

Post a Comment