Thursday 6 March 2014

Apa Saja Perbedaannya? antara OneDrive vs SkyDrive

onevssky
Jika diperhatikan sepintas memang sepertinya hanya nama saja yang berubah dari layanan skydrive, tetapi sebenarnya jika  diteliti lebih dalam lagi ternyata ada cukup banyak perbedaan diantara keduanya. Apa saja perbedaan tersebut? Berikut ini adalah perbedaan OneDrive vs SkyDrive.

NAMA



Ini sudah pasti terlihat jelas. Karena masalah trademark SkyDrive kini telah diubah namanya menjadi OneDrive. Kata “One” disini sepertinya dipilih untuk diselaraskan dengan branding Xbox terbaru yaitu Xbox One.

DOMAIN



Sesuai dengan perubahan namanya, domain keduanya juga diubah. OneDrive bisa diakses dari OneDrive.com sedangkan SkyDrive.com meskipun untuk saat ini masih diredirect ke OneDrive.com, kemungkinan sebentar lagi akan menjadi domain milik BSkyB.

STORAGE



onedrivevsskydrive_1

Storage yang diberikan OneDrive untuk pengguna gratis adalah 7 GB, tidak berbeda dengan saat masih bernama SkyDrive. Tetapi kini OneDrive mengikuti strategi DropBox yang memberikan bonus storage jika pengguna melakukan langkah-langkah tertentu. Total bonus yang bisa didapatkan pengguna adalah 8GB sehingga storage yang bisa mereka nikmati totalnya menjadi 15GB, jauh lebih banyak dari SkyDrive. woow..

FITUR



onedrivevsskydrive_2

Sekilas tampak tidak ada perubahan fitur. Namun jika diperhatikan lebih dalam lagi, ternyata OneDrive memiliki banyak sekali peningkatan fitur dibandingkan dengan SkyDrive. Pertama, pengguna OneDrive kini bisa berkolaborasi mengedit file dengan banyak orang secara real-time. Hal ini membuat proses co-editing menjadi lebih mudah dan produktif. Sebelumnya fitur kolaborasi editing ini tidak ada di SkyDrive.

Kedua, aplikasi OneDrive untuk Android kini ditambahkan fitur untuk otomatis upload foto ke layanan cloud tersebut. Sebelumnya hanya aplikasi untuk iOS dan Windows Phone 8 saja yang memiliki fitur seperti ini.

Ketiga, fitur upload video telah mengalami banyak perubahan untuk memudahkan kita dalam melihat dan berbagi video. OneDrive kini dilengkapi dengan on the fly encoding sehingga jika kamu mengupload video ke OneDrive dan membagikannya ke teman atau pengguna lainnya, maka kualitas video tersebut akan disesuaikan dengan kecepatan koneksi orang tersebut. Katakanlah kamu mengupload video 1080p berkualitas Full HD, lalu membagikannya ke teman kamu yang hanya menggunakan koneksi 3G. Maka saat melihat video tersebut teman kamu akan otomatis mendapatkan kualitas 360p atau yang lebih kecil untuk memastikan dia bisa melihatnya dengan lancar dan tidak menghabiskan kuota.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa OneDrive bukan sekedar nama baru dari SkyDrive, tetapi merupakan perbaikan dan peningkatan fitur yang lebih advance dari SkyDrive.

Jika kamu menemukan perbedaan lainnya, silahkan tambahkan di kolom komentar blog dibawah ini.

No comments:

Post a Comment