Monday 6 April 2015

DELPHI7 :: Membuat Menu Ribbon ala Office 2007 di Delphi




menu ribbon
gbr.1
Pastinya dikalangan programer profesional sudah tidak asing lagi dengan devexpress anda bisa melihat-lihat di web Devexpress . Kali ini saya tidak akan membahas harga, keunggulan dari komponen tersebut, namun akan membahas sesuai judul di atas.
Oke langsung ke tkp ya, nah kali ini bagi yang sudah punya komponen devexpress silahkan buka delphinya.
  1. Pada Form tempatkan komponen dxBarManager dan dxRibbon.
  2. Doble klik dxBarManager pada Form1 maka tampil jendela customize, pada tab toolbar klik tombol New, kemudian beri nama menu A1, tambah lagi beri nama menu A2. Proses tersebut untuk membuat kelompok toolbar pada Tab menu.
    customize_dxbarmanager
    gbr.2
  3. Sekarang lihat ke kotak Objek Treeview, lihat objek dxRibbon1, klik sub dxRibbon1tab1, klik kanan pada sub Groups dan pilih add item.
    gbr.3
    gbr.3
  4. Setelah  terbentuk klik TdxRibbonTabgroup pada object treeview, kemudian lihat pada jendela object Inspector, pada Properties ToolBar pilih dxBarManager1Bar1, maka pada dxRibbonTab1 yang ada pada Form1 terbentuk sebuah kelompok toolbar menu A1, untuk menghilangkan tulisan menu A1, hapus di properties caption.
    gbr.4
    gbr.4
  5. Untuk mengganti Caption dxRibbon1Tab1, caranya klik dxRibbon1Tab1 pada form1 ubah Caption di Properties misalnya FORM A.
  6. Selanjutnya kita dapat menambahkan tombol atau text menu dll pada kotak menu A1, caranya klik kanan misal pilih AddLargeButton (membuat tombol besar yang dapat disisipkan text dan gambar). Aturlah propertis dari button tersebut (Caption : Account, name: caccount, LargeGlyph: sisipkan gambar berformat png,jpg atau bmp maksimalm ukuran 24 x 24 px), seperti gambar di bawah ini.
    gbr.5
    gbr.5
  7. Proses pembuatan toolbar menu a sudah terbentuk, selanjutnya membuat toolbar menu b pada kelompok Tab menu FORM A, caranya ulangi point no. 3 diatas sampai no. 6 sehingga terbentuk toolbar menu b. seperti gambar di bawah ini.
    gbr.6
    gbr.6
  8. Untuk menambahkan Tab Menu baru tinggal klik kanan pada Tab menu Form A pilih Add Tab, selanjutnya untuk menambakah kelompok toolbar anda bisa ulangi proses di atas dari point 1 sampai point 7.
    gbr.7
    gbr.7
  9. Untuk menambahkan script pada tombol-tombol menu yang sudah kita buat, caranya sama seperti pada umumnya, tinggal doble klik maka akan langsung diarahkan ke script editor.
itusaja pembahasan kali ini, silahkan di coba semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. cara memanggil form lebih dari satu menggunakan ribbon, makasih

    ReplyDelete