Saturday 4 April 2015

DATABASE :: Cara menggunakan Remote MySQL



Remote MySQL berfungsi untuk mengakses database dari server lain atau komputer sendiri.  Salah satu manfaat remote mysql adalah mengoptimalkan database yang telah ada. Sebuah database bisa digunakan oleh beberapa web site sekaligus yang beerbeda server.
Biasanya fitur ini tersedia pada paket web hosting yang menggunakan server sendiri. Untuk shared web hosting, fitur remote MySQL tidak tersedia karena faktor keamanan dan penggunaan sumber daya web hosting yang boros.
Langkah-langkah mengaktifkan remote mysql adalah sebagai berikut:
1. Pada bagian database cpanel, klik menu Remote MySQL

2.    Masukkan domain acces host pada form yang telah tersedia. Lalu klik tambol Add Host. Domain access host adalah domain yang diperbolehkan mengakses database secara remote. Apabila database diperbolehkan diakses secara remote oleh semua server cukup tambahkan kode % pada form yang tersedia. 
3.       Apabila mengakses database dalam satu server menggunakan nama host ‘localhost’, maka untuk mengakses database dalam script program secara remote gunakan parameter nama host dengan ‘namadomain:3306’. Penambahan angka 3306 adalah nomor port yang digunakan oleh mysql. 
Untuk parameter nama database dan user, gunakan dama database dan user yang telah dibuat seperti biasa. 

       Apabila ingin mengakses database secara remote melalui komputer pribadi dapat digunakan perangkat lunak heidiSQL. Perangkat lunak ini dapat  didownload dihttp://heidisql.com/download.php

No comments:

Post a Comment