Tuesday 15 October 2013

Membuat Robot Line Follower

polibatam robotic contest 2013



Sebelumnnya tentunya para hobi elektronika mengetahui apa itu robot line follower . ya Robot Line Follower adalah robot yang mampu berjalan mengikuti atau berjalan mengikuti garis yang berwarna putih / hitam sesuai program yang kita atur. jadi secara singkat robot line follower adalah robot yang mampu mengikuti garis.



Apa saja bagian dari robot Line Follower ?

Robot line follower jika diibaratkan sebagai manusia maka harus memiliki indra , jalur saraf, otak dan tangan maupun kaki. dimana indranya adalah sensor, jalur sarafnya adalah komparator otaknya microcontroller atau minimum systemnya lalu yang sebagai tangan atau kakinya adalah driver motor. Masih belum paham?? ok baik, kita akan bahas semua itu perlahan lahan.

1.Sensor

Sensor sebagai indranya robot mengapa indranya robot karna robot line follower ini membaca garis. dimana jenis sensor yang digunakan adalah sensor proximity,Prinsip kerjanya hanya memanfaatkan sifat cahaya yang akan dipantulkan jika mengenai benda berwarna terang dan akan diserap jika mengenai benda berwarna gelap. Sebagai sumber cahaya kita gunakan LED (Light Emiting Diode) yang akan memancarkan cahaya merah. Dan untuk menangkap pantulan cahaya LED, kita gunakan photodiode. Jadi Jika sensor berada diatas garis hitam maka photodioda akan menerima sedikit sekali cahaya pantulan. Tetapi jika sensor berada diatas garis putih maka photodioda akan menerima banyak cahaya pantulan. Berikut adalah ilustrasinya :

sensor-proximity



Gambar Sensor Proximity



Schematiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini



sensor



bagi yang ingin mendownload file schematiknya klik ini



2. Komparator



Untuk komparator akan dilanjutkan di part 2 :D jadi stay on jufrikablog ya bro!

No comments:

Post a Comment