Thursday 2 January 2014

Facebook, Twitter, Dan Blog Milik Skype Dihack Syrian Electronic Army

skype

Pasukan hacker yang tergabung dalam kelompok Syrian Electronic Army baru saja berhasil membobol akun Facebook, Twitter, dan Blog milik Skype. Melalui akun social media milik Skype tersebut mereka memproklamirkan pesan anti-NSA dan anti-Microsoft.

Di akun Twitter Skype, Syrian Electronic Army sempat memposting “Jangan menggunakan email Microsoft (hotmail, outlook), mereka memonitor akun kamu dan menjual datanya ke pemerintah”
skype1

Pesan tersebut juga mereka tuliskan di blog milik Skype. Pesan lain yang mereka tuliskan di Skype adalah “Hacked by Syrian Electronic Army..Stop Spying!”

skype2

skype3

Sementara itu kelompok hacker tersebut juga sempat membobol akun Facebook Skype dan memposting sebuah pesan. Pesan tersebut sempat live selama 40 menit-an sebelum akhirnya dihapus oleh team Skype.

Serangan ini kemungkinan besar dipicu oleh munculnya kabar bahwa NSA bisa “menguping” pembicaraan yang dilakukan di Skype Video Call. Kabar ini sekaligus mematahkan klaim Microsoft bahwa layanan mereka sangatlah aman.

Beberapa saat setelah menyadari bahwa akun social media mereka dihack, Skype memberikan konfirmasi bahwa tidak ada data user yang diambil oleh hacker.
You may have noticed our social media properties were targeted today. No user info was compromised. We’re sorry for the inconvenience.

— Skype (@Skype) January 2, 2014

Meskipun Facebook dan Twitter milik Skype sudah kembali ke tangan Microsoft, namun blog Skype sepertinya masih dalam perbaikan. Sampai artikel ini ditulis blog tersebut masih terus di-redirect ke halaman utama Skype.

No comments:

Post a Comment